Manajemen
Strategi
·
Beberapa pakar dalam ilmu manajemen
mendefinisikan manajemen strategis dengan cara yang berbeda-beda. Ketchen
(2009) mendefinisikan manajemen strategis sebagai analisis, keputusan, dan aksi
yang dilakukan perusahaan untuk menciptakan dan mempertahankan keunggulan
kompetitif. Definisi ini menggambarkan dua elemen utama manajemen strategis.
·
Pertama, manajemen strategis dalam sebuah perusahaan
berkaitan dengan proses yang berjalan (ongoing processes): analisis, keputusan,
dan tindakan.
·
Kedua, manajemen strategis adalah studi tentang
mengapa sebuah perusahaan mampu mengalahkan perusahaan lainnya. Manajer perlu
menentukan bagaimana perusahaan bisa menciptakan keunggulan kompetitif yang
tidak hanya unik dan berharga, tetapi juga sulit ditiru atau dicari
subtitusinya sehingga mampu bertahan lama.
·
Tugas pertama dalam manajemen strategis pada
umumnya adalah kompilasi dan penyebarluasan pernyataan misi. Aktivitas ini
mendokumentasikan kerangka dasar organisasi dan mendefinisikan lingkup
aktivitas yang hendak dijalankan oleh organisasi.
·
Pada tiga tingkatan strategi dibuat dalam
organisasi yang lebih besar, yakni meliputi strategi perusahaan, bisnis, dan
fungsional (atau operasional). Sementara strategi perusahaan akan menentukan
bisnis apakah yang perusahaan akan benar-benar beroperasi di sana, strategi
bisnis akan menentukan bagaimana perusahaan akan bersaing di masing-masing
bisnis yang telah dipilih.
Sumber : http://www.manajemenstrategi.com/artikel.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar