PENGERTIAN
ORGANISASI
Organisasi adalah system/sekumpulan
orang – orang yang berkerjasama antara dua orang atau lebih untuk mencapai
tujuan bersama. Organisasi adalah struktur pembagian kerja dan struktur tata
hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang berkerjasama secara
tertentu untuk bersama – sama mencapai tujuan tertentu.
Dalam aktivitas organisasi kepemimpinan
merupakan konsep dan praktek yang tidak dapat ditinggalkan. Kepemimpinan yang
efektif dalam mengelola (manajemen) aktivitas organisasi dapat mempengaruhi :
Moral
dan kepuasan anggota
Keamanan, kualitas kehidupan kerja dan
Prestasi
organisasi
Dalam kepemimpinan yang efektif dapat
menggerakan seluruh anggota organisasi untuk menjalankan tanggung jawabnya
masing – masing. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa keberhasilan organisasi
dalam mencapai tujuan sangat dipengaruhi oleh proses kepemimpinan yang efektif.
Untuk membantu mempermudah dalam memahami konsep kepemimpinan, berikut ini
beberapa pendapat para ahli yang telah mengkaji kepemimpinan dalam aktivitas
organisasi :
Organisasi
menurut Stoner, bahwa Organisasi adalah suatu pola hubungan – hubungan yang
melalui mana orang – orang dibawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
Organisasi
menurut James D. Mooney (1974), mengemukakan bahwa Organisasi adalah bentuk
setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
Organisasi menurut Chester I. Bernard,
berpendapat bahwa Organisasi adalah merupakan suatu system aktivitas kerja sama
yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
Organisasi menurut Stephen P. Robbins,
menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) social yang
dikoordinasikan secara sadar dengan sebuah batasan yang relative dapat
diidentifikasi.
Organisasi
menurut Kotter (Robbins, 2003:40), Kepemimpinan pada dasarnya kemampuan untuk
mempengaruhi suatu kelompok kea rah tercapainya tujuan.
Organisasi
menurut Joseph C Rost (Safaria, 2005:3), Kepemimpinan adalah sebuah hubungan
saling mempengaruhi diantara pemimpin dan pengikut (bawahan) yang menginginkan
perubahan nyata yang mencerminkan tujuan bersama.
Dari berbagai pendapat diatas secara garis
besar kita dapat memperoleh gambaran tentang kepemimpinan dalam konteks
organisasi.
2. Mengapa pentingnya Teori organisasi.?
Dari definisinya, organisasi merupakan
wadah bagi sekelompok individu untuk berinteraksi dalam wewenang tertentu.
Manusia sebagai makhluk sosial tak urung untuk menciptakan kelompok-kelompok
yang mengusung pada pengorganisasian demi mencapai tujuan tertentu. Dengan
mempelajari teori organisasi umum, seseorang akan lebih memahami bagaimana ia
harus menempatkan diri ketika berkecimpung dalam suatu ikatan organisasi.
Karena di dalam organisasi tersebut terdapat beberapa aspek pendukung guna
memenuhi tujuan bersama sekumpulan orang yang terikat di dalamnya. Dengan kata
lain, teori organisasi umum membimbing sekumpulan orang dalam suatu organisasi
untuk berpendapat, menciptakan visi, misi, sistem, dan program, juga untuk
menganalisa dan mengevaluasinya kembali demi keberhasilan pencapaian tujuan
dibentuknya organisasi tersebut.
Penerbit
: Suharsono, Universitas Atma Jaya, 2012, Jakarta
Penyunting
: Martin Renwarin
Jl.
Jenderal Sudirman Kav.51
Jakarta
12930 Indonesia
3. Pengalaman berorganisasi
Waktu sekolah dulu, saya pernah mengikuti salah satu organisasi
yaitu organisasi Karang taruna. Yang terdapat di daerah tempat tinggal saya.
Memang saya hanya menjadi anggota saja di dalam karang taruna tersebut, tetapi
saya pernah di tunjuk untuk menjadi salah satu panitia dalam sebuah acara, yang
pada saat itu adalah acara HUT RI yang di adakan di RT/RW 004/010. Disitu saya
mendapatkan pelajaran dan pengetahuan yang bagaimana dijelaskan bahwa Karang
Taruna adalah organisasi para pemuda atau remaja yang ada di desa/perumahan
atau kelurahan. Dan Karang Taruna sendiri berfungsi sebagai wadah pembinaan
para pemuda desa/perumahan atau kelurahan tersebut. Yang tugasnya berkaitan
dengan kegiatan – kegiatan positif seperti Kesenian, bakti social, dll.
Sekian
dan Terimakasih . maaf jika ini membingungkan untuk pembaca.
4.
Tujuan Organisasi Perusahaan
Suatu perusahaan atau organisasi yang
baik dan bertanggungjawab serta ingin memelihara kesinambungan bisnis dalam
jangka panjang, harus sudah memikirkan kepeduliannya pada saat awal pendirian
perusahaan, yaitu dengan cara menetapkan visi, misi dan tujuan perusahaan.
Dalam perkembangannya, budaya organisasi dan perubahan global akan mempengaruhi
tiga hal tersebut: Visi merupakan suatu pernyataan ringkas tentang cita-cita
organisasi yang berisikan arahan yang jelas dan apa yang akan diperbuat oleh
perusahaan di masa yang akan datang. Untuk mengujudkan visi tersebut maka
perusahaan melakukan pengembangan misi yang akan dijalani dalam tiap aktivitas;
Misi merupakan penetapan tujuan dan sasaran perusahaan yang mencakup kegiatan
jangka panjang tertentu dan jangka pendek yang akan dilakukan, dalam upaya mencapai
visi yang telah ditetapkan; Tujuan perusahan adalah mencapai keuntungan
maksimum.
Sumber
Referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/organisasi
http://www.atmajaya.ac.id/2012
http://www.pohoncahaya.com/2012
http://ronawajah.wordpress.com/2009/05/26/visi-misi-tujuan-dan-sdm-perusahaan/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar