Rabu, 07 Mei 2014

Organisasi dan Tujuan Organisasi Perusahaan

PENGERTIAN ORGANISASI

            Organisasi adalah system/sekumpulan orang – orang yang berkerjasama antara dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama. Organisasi adalah struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang berkerjasama secara tertentu untuk bersama – sama mencapai tujuan tertentu.
           
      Dalam aktivitas organisasi kepemimpinan merupakan konsep dan praktek yang tidak dapat ditinggalkan. Kepemimpinan yang efektif dalam mengelola (manajemen) aktivitas organisasi dapat mempengaruhi :

Moral dan kepuasan anggota

 Keamanan, kualitas kehidupan kerja dan

Prestasi organisasi

     Dalam kepemimpinan yang efektif dapat menggerakan seluruh anggota organisasi untuk menjalankan tanggung jawabnya masing – masing. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa keberhasilan organisasi dalam mencapai tujuan sangat dipengaruhi oleh proses kepemimpinan yang efektif. Untuk membantu mempermudah dalam memahami konsep kepemimpinan, berikut ini beberapa pendapat para ahli yang telah mengkaji kepemimpinan dalam aktivitas organisasi :

Organisasi menurut Stoner, bahwa Organisasi adalah suatu pola hubungan – hubungan yang melalui mana orang – orang dibawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.

Organisasi menurut James D. Mooney (1974), mengemukakan bahwa Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.

 Organisasi menurut Chester I. Bernard, berpendapat bahwa Organisasi adalah merupakan suatu system aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.

 Organisasi menurut Stephen P. Robbins, menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) social yang dikoordinasikan secara sadar dengan sebuah batasan yang relative dapat diidentifikasi.

Organisasi menurut Kotter (Robbins, 2003:40), Kepemimpinan pada dasarnya kemampuan untuk mempengaruhi suatu kelompok kea rah tercapainya tujuan.

Organisasi menurut Joseph C Rost (Safaria, 2005:3), Kepemimpinan adalah sebuah hubungan saling mempengaruhi diantara pemimpin dan pengikut (bawahan) yang menginginkan perubahan nyata yang mencerminkan tujuan bersama.
   
    Dari berbagai pendapat diatas secara garis besar kita dapat memperoleh gambaran tentang kepemimpinan dalam konteks organisasi.

2.   Mengapa pentingnya Teori organisasi.?

        Dari definisinya, organisasi merupakan wadah bagi sekelompok individu untuk berinteraksi dalam wewenang tertentu. Manusia sebagai makhluk sosial tak urung untuk menciptakan kelompok-kelompok yang mengusung pada pengorganisasian demi mencapai tujuan tertentu. Dengan mempelajari teori organisasi umum, seseorang akan lebih memahami bagaimana ia harus menempatkan diri ketika berkecimpung dalam suatu ikatan organisasi. Karena di dalam organisasi tersebut terdapat beberapa aspek pendukung guna memenuhi tujuan bersama sekumpulan orang yang terikat di dalamnya. Dengan kata lain, teori organisasi umum membimbing sekumpulan orang dalam suatu organisasi untuk berpendapat, menciptakan visi, misi, sistem, dan program, juga untuk menganalisa dan mengevaluasinya kembali demi keberhasilan pencapaian tujuan dibentuknya organisasi tersebut.

Penerbit : Suharsono, Universitas Atma Jaya, 2012, Jakarta
Penyunting : Martin Renwarin
Jl. Jenderal Sudirman Kav.51
Jakarta 12930 Indonesia
 
3. Pengalaman berorganisasi
            Waktu sekolah dulu,  saya pernah mengikuti salah satu organisasi yaitu organisasi Karang taruna. Yang terdapat di daerah tempat tinggal saya. Memang saya hanya menjadi anggota saja di dalam karang taruna tersebut, tetapi saya pernah di tunjuk untuk menjadi salah satu panitia dalam sebuah acara, yang pada saat itu adalah acara HUT RI yang di adakan di RT/RW 004/010. Disitu saya mendapatkan pelajaran dan pengetahuan yang bagaimana dijelaskan bahwa Karang Taruna adalah organisasi para pemuda atau remaja yang ada di desa/perumahan atau kelurahan. Dan Karang Taruna sendiri berfungsi sebagai wadah pembinaan para pemuda desa/perumahan atau kelurahan tersebut. Yang tugasnya berkaitan dengan kegiatan – kegiatan positif seperti Kesenian, bakti social, dll.
Sekian dan Terimakasih . maaf jika ini membingungkan untuk pembaca.

4. Tujuan Organisasi Perusahaan

          Suatu perusahaan atau organisasi yang baik dan bertanggungjawab serta ingin memelihara kesinambungan bisnis dalam jangka panjang, harus sudah memikirkan kepeduliannya pada saat awal pendirian perusahaan, yaitu dengan cara menetapkan visi, misi dan tujuan perusahaan. Dalam perkembangannya, budaya organisasi dan perubahan global akan mempengaruhi tiga hal tersebut: Visi merupakan suatu pernyataan ringkas tentang cita-cita organisasi yang berisikan arahan yang jelas dan apa yang akan diperbuat oleh perusahaan di masa yang akan datang. Untuk mengujudkan visi tersebut maka perusahaan melakukan pengembangan misi yang akan dijalani dalam tiap aktivitas; Misi merupakan penetapan tujuan dan sasaran perusahaan yang mencakup kegiatan jangka panjang tertentu dan jangka pendek yang akan dilakukan, dalam upaya mencapai visi yang telah ditetapkan; Tujuan perusahan adalah mencapai keuntungan maksimum.

Sumber Referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/organisasi
http://www.atmajaya.ac.id/2012
http://www.pohoncahaya.com/2012
http://ronawajah.wordpress.com/2009/05/26/visi-misi-tujuan-dan-sdm-perusahaan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar