Perkembangan
ekonomi telah mendorong terbentuknya organisasi dalam berbagai bentuk. Dari
segi unit usaha maupun dari segi tujuan yang ada disekeliling kita, dapat
diamati bahwa masing-masing unit usaha mempunyai karakteristik yang
berbeda-beda baik dari segi skala usaha untuk mencapai tujuan masing-masing
organisasi, kepemilikan, permodalan, pembagian laba sampai tanggung jawab.
Berdasarkan karakteristik yang berbeda tersebut maka tiap unit usaha memerlukan
pengelolaan yang berbeda pula. Setiap organisasi yang didirikan dapat berbentuk
Organisasi Niaga (Perseroan Terbatas, CV, Joint Ventura, Fa, Koperasi, Trust,
Kartel, Holding Company), Organisasi Sosial maupun Organisasi Regional dan
Internasional.
Berbagai organisasi-organisasi tersebut memiliki karakteristik yang beraneka
ragam yang dapat menghasilkan keuntungan dan kerugian masing-masing. Apabila
kita ingin mendirikan suatu unit bisnis, maka kita akan memilih bentuk yang
paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan untuk mendapatkan tujuan dari unit
bisnis atau organisasi tersebut.
Keragaman
bentuk organisasi yang ada dapat dibedakan secara jelas ketika kita
membandingkan toko kelontong, supermarket, konsultan hukum, atau perusahaan
otomotif. Masing-masing unit bisnis atau organisasi tersebut memiliki
karakteristik yang berbeda-beda. Demikian pula yang akan kita bahas pada
makalah ini seperti Organisasi Niaga, Regional dan Internasional, antara
klasifikasi disetiap masing organisasi-organisasi tersebut terdapat perbedaan
karakteristik pada pembentukan organisasi, tujuan organisasi maupun segi
keuntungan organisasi sendiri.
ORGANISASI
NIAGA
Organisasi
Niaga adalah Organisasi yang tujuan utamanya mencari keuntungan.
Macam-macamnya
yaitu :
- 1. Perseroan Terbatas (PT)
- 2. Perseroan Komanditer (CV)
- 3. Firma (FA)
- 4. Koperasi
- 5. Join ventura
- 6. Trus
- 7. Kontel
- 8. Holding Company
ORGANISASI
SOSIAL
Organisasi
Sosial adalah organisasi yang dibentuk oleh anggota masyarakat
Jalur
pembentukan organisasi Kemasyarakatan :
·
1. Jalur Keagamaan
·
2. Jalur Profesi
·
3. Jalur Kepemudaan
·
4. Jalur Kemahasiswaan
·
5. Jalur Kepartaian & Kekaryaan
BENTUK
ORGANISASI
Bentuk-bentuk
organisasi :
·
1. Bentuk Organisasi Staff
·
2. Bentuk Organisasi Lini
·
3. Bentuk Organisasi Fungsional
·
4. Bentuk Organisasi Fungsional &
Lini
·
5. Bentuk Organisasi Fungsional &
Staff
·
6. Bentuk Organisasi Lini &Staff
Struktur
/ bagan organisasi memperlihatkan satuan-satuan organisasi, hubungan-hubungan
& saluran wewenang & tanggung jawab yang ada dalam organisasi,
digunakan untuk mengatur kelancaran organisasi
Pengertian
bentuk organisasi sering disamakan dengan tipe organisasi, padahal keduanya
berbeda. Menurut tipenya organisasi dibedakan menjadi dua macam, yaitu
organisasi dengan tipe piramid dan organisasi dengan tipe kerucut. Bentuk
organisasi memandang organisasi dari segi tata hubungan , wewenang (authority)
, dan tanggung jawab (Responsbility), yang ada dalam suatu organisasi
ARTI PENTING ORGANISASI DAN METODE
Pengertian
organisasi dan metode (secara lengkap) adalah rangkaian proses kegiatan yang harus
dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber dan faktor yang menentukan
bagi berhasilnya proses manajemen terutama dengan memperhatikan fungsi dan
dinamika organisasi atau birokrasi dalam rangka mencapai tujuan yang sudah
ditetapkan.
Dari
pengertian tersebut terkandung beberapa maksud yaitu :
- 1. Organisasi dan metode merupakan
kunci atau syarat pelaksanaan kerja yang setepat-tepatnya,
- 2. Organisasi dan metode penting
bagi kegiatan manajemen,
- 3. Organisasi dan metode dapat memanfaatkan
sumber-sumber dan waktu yang tersedia, dan
- 4. Organisasi dan metode berguna
dalam meningkatkan efisiensi kerja untuk mencapai tujuan.
Dari
uraian di atas terlihat jelas betapa eratnya hubungan antara manajemen,
organisasi dan metode, bahkan sepertinya dapat dikatakan bahwa organisasi dan
metode merupakan salah satu bidang pengkhususan dari manajemen.
Manajemen
pada hakekatnya merupakan proses kegiatan seorang pimpinan (manager) yang harus
dilakukan dengan mempergunakan cara-cara pemikiran yang rasional maupun praktis
untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui kerja sama dengan orang
lain sebagai sumber tenaga kerja tanpa mengabaikan sumber-sumber yang lain dan
waktu yang tersedia dengan cara yang setepat-tepatnya.
Kegiatan manajemensumber : http://gyka04.blogspot.com/2011/10/macam-macam-organisasi-dari-segi-tujuan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar